Muzania Media

Rabu, 08 April 2020

Review Buku Emak-Emak Jago Jualan

whatsapp-image-2019-06-21-at-11.10.07.jpeg


Nggak asing lagi kan dengan Kang Dewa dan setumpuk bukunya yang jadi best seller? Kini menghadirkan buku khusus untuk emak-emak yang pengen jualan, tapi urusan rumah juga tetep jalan. Kenapa saya bilang khusus? Because, bukunya emang ‘nyewek’ banget. Pinky! So, menarik banget ketika dapet bukunya. Pengen segera khattam ilmunya.

Nah, kali ini, fije akan ngreview buku Emak-Emak Jago Jualan karya Dewa Eka Prayoga. So, simak yaa, Mak!!
SIKLUS KESUKSESAN: Yakin (dengan yang Anda jual) -> Praktik (Coba beli produk Anda) -> Hasil (Ternyata produk Anda beneran bagus)


GARIS BESAR solusi agar SUKSES menjalani siklus kesuksesan:

  1. Ubah identitas diri.
Daripada melabeli gaptek, lebih baik melabeli Emak-emak STRONG!
Contoh: Bapak-bapak hanya mikirin mandi, saya mikirin mandi dan memandikan anak-anak. Bapak mikirin makan, saya mikirin makan dan memastikan semua orang rumah udah makan. STRONG kaan?
  1. Ubah keyakinan yang salah
UBAH: Nggak bisa à Yakin! Bisa!
  1. Hilangkan semua alasan dan pembenaran
UBAH: nggak bisa bagi waktu, sibuk urus anak, nggak punya ilmu, dll

 

whatsapp-image-2019-06-21-at-11.04.58.jpeg

6 ADONAN COPYWRITTING ALA EMAK-EMAK


  1. Tentukan buyer persona.
Jodohkan antara tas dan emak; jodohkan antara buku dengan pembelajar; jodohkan antara sepatu dan pemain sepak bola
Jika sudah ketemu, maka berikan feed sesuai jodohnya
  1. Tingkatkan hasrat ingin membeli
Detailnya:
Orang nggak beli kosmetik, tapi beli perhatian dan rasa sayang dari pasangan
Orang nggak beli setrika, tapi beli penghargaan karena pakaian rapi
Orang nggak beli hijab, tapi beli kenyamanan saat menutup aurat
Orang nggak beli minuman pelangsing, tapi beli kesehatan dengan BB yang ideal
META PROGRAM
MENJAUHI: Kalau Anda tidak membeli sekarang, siap-siap enggak kebagian produknya! TERBATAS
MENDEKATI: Beli sekarang karena spesial untuk hari ini, Anda akan mendapatkan bonus tambahan senilai 350.000!
INTERNAL: Pastinya Anda lebih tahu apa yang mesti dilakukan
EKSTERNAL: Produk ini sudah terbukti digunakan oleh ribuan orang lainnya, kini giliran Anda.
PERSAMAAN: Sama dengan produk kosmetik lainnya, produk ini juga mengandung Wow Capsule
PERBEDAAN: Sekadar informasi, produk ini saya buat berbeda dengan produk sebelumnya karena khusus produk ini, saya menambahkan XYZ untuk membantu Anda dalam...
PROSEDURAL: untuk bisa menikmati manfaat dari produk ini, Anda tinggal melakukan A, lalu B, lalu C...
OPTIONAL: Ada banyak model hijab yang sesuai dengan warna favorit Anda
  1. Handling Objection (Mengatasi Penolakan)
Jurus F3: Feel, Felt, Found (Rasakan, Merasakan, Menemukan)
“Saya tahu apa yang Anda rasakan, sebab costumer saya sebelumnya juga dulu merasakan seperti yang Anda alami, sampai pada akhirnya mereka menemukan bahwa produk XXX
Ini mampu me....”
Jurus PFP: Past, Future, Present
Dulu, setelah itu, sekarang; awalnya, kemudian, sekarang; sebelumnya, lalu, sekarang; kemarin, besoknya, sekarang
“Awalnya Ibu Ani ragu akan manfaat dari produk XXX, kemudian ia minta izin ke suaminya untuk beli atau tidak, sekarang, setelah produk ini di rumahnya, mereka (bu Ani dan Suami) merasakan manfaatnya.”
  1. Menjelaskan BENEFIT, Bukan Sekadar FITUR
Benefit adalah manfaat sesungguhnya yang diberikan produk untuk pembeli
  1. Munculkan Cerita yang Dasarnya TESTIMONI
  • Cerita tentang diri anda dalam pakai produk yang sebenarnya testimoni. “Saya itu awalnya nggak mau pakai tas ini.....”
  • Cerita tentang buyer Anda yang menggunakan produk Anda yang sebenarnya testimoni. “Salah satu agen kami hari ini ada yang NGAMUK, order 700pcs. Sehari lo ya, Sehari... mau saya tag orangnya gak nih?”
  • Cerita tokoh inspiratif, yang bisa menggaet orang lain pengin beli produk Anda. “Weekend kemarin saya ke dokter Farida, dia itu ahli banget soal kulit....”
  1. Cara Mendapatkan ANGLE
Rumus: bisa jadi ide apa nih dari kejadian ini? (ujung2nya jualan)
Gunakan 11 MENTAL TRIGGERS
Malas, serakah, mendesak, harapan, kontrol, eksklusif, hemat, spesifik, penasaran, menolong orang, rasa sakit & senang
Mental malas: Sekarang Anda tak perlu repot belajar desain, karena kami y ang mengerjakan itu semua.
Mental Kontrol: “Kelebihan hijab ini adalah luar dan dalam bisa Anda pakai bagian luarnya merah, bagian dalammya warna hitam.
Mental Menolong Orang: “Ketika Anda membeli hijab ini di hari jumat, maka 100% profit akan kami sedekahkan ke anak yatim dan duafa.”

Buku Dewa Eka Prayoga 


Ini ada 11 POLA HIPNOTIK YANG POWERFULL dari Dewa Eka Prayoga. Yuk praktekkin!
  1. Cara Membaca Pikiran Orang Lain
NO TRUST, NO SALES
Uhuk! Lagi cari-cari hijab yang cocok dipakai buat lebaran? Udah, beli Hijab Khadija aja.. Order sekarang sebelum JNE overload!”
  1. Cara Memasukkan Sugesti ke Alam Bawah Sadar Tanpa Mereka Sadari
Ketika Anda punya banyak varian produk, dan Anda ingin memasukkan sugesti bahwa semua produk anda keren. Maka..
“Mau tanya dong, lebih suka mana, Facial serum apa FF Cream?”
Tidak terlalu penting apakah orang menjawab facial serum apa ff cream, yang penting adalah semua produk itu DISUKAI (Sugesti)
  1. Teknik Melarang Orang Untuk Beli, Tapi Malah Berebut
Jangan dulu beli hijab ini sebelum tahu bahan terbaik yang kami gunakan
  1. Cara Membuat Prospek Setuju dengan Apa Pun yang Anda Tulis
Buat hukum sebab-akibat
“Kaena Anda ingin tetap tampil sesuai Syariat, maka Hijab A adalah pilihan yang TEPAT.”
  1. Cara Menggunakan Teknik ‘OPEN LOOP’ Sehingga Orang Menunggu Copywritting Anda Berikutnya
    - Buatlah kisah atau tip yang terputus atau belum selsai Anda sampaikan
    - Jajikan sesuatu yang lebih menarik di postingan Anda berikutnya
  2. Cara Menjual Produk Apa Pun Tanpa Personal Branding
Pakai personal branding orang lain
“Inilah yang ustazah Oki Setiana Dewi sampaikan tentang hijab yang sesuai Syariah.” *ujung-ujungnya jualan hijab
  1. Cara Membuat Mereka Makin Yakin dengan Yang Anda Sampaikan
“Beli sekarang! Karena semakin cepat Anda membeli produk kosmpetik ini, maka semakin cepat pula suami Anda makin sayang dengan Anda. Ciee”
  1. Cara Memasukan Pesan ke Alam Bawah Sadar Tanpa Disadari
“Sebelum Anda mendaftar menjadi reseller kami, apakah Anda sudah tahu berapa keuntungan per produknya?”
  1. Cara Membuat Prospek Sadar Bahwa yang Anda Sampaikan Benar
“Apakah Anda menyadari kalau produk kami satu-satunya di Indonesia?”
  1. Cara Membuat Tulisan yang Bikin Prospek Sadar Kalau Mereka Butuh Produk Anda
“Sekarang, Anda mengalami PHK dari kerjaan, itu menunjukkan kalau sudah waktunya Anda punya bisnis sendiri.”
  1. Pola Gabungan
RUMUS!
  1. Sebelum [ajakan] apakah Anda sudah tahu bahwa [kenikmatan]?
  2. Jangan terbebani untuk [ajakan] walaupun [sengsara]
  3. Bukankah lebih baik [ajakan] ketimbang [kesengsaraan]?
  4. Setelah Anda [ajakan] tentu Anda akan [kenikmatan]
  5. Jangan kaget ketika Anda menjadi [kenikmatan] karena telah [ajakan]
Contoh rumus no. 3: “Bukankah lebih baik Anda membelikan Hafiz Doll ini untuk Anak Anda ketimbang ia kemasukan lagu-lagu dan tontonan yang tidak senonoh?

Salam Sukses, Moms,
Fije-